Senin, 06 November 2017

Langkah yang Harus Dilakukan Saat Anak Lihat Hubungan Seks Kamu dengan Suami

Seks Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto
Seks Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto
Hai Bunda - Segala hal bisa terjadi di luar dugaan. Misalnya aja ketika sedang bercinta, kepergok oleh anak. Hal inilah yang dialami aktris Atiqah Hasiholan dan suaminya Rio Dewanto. Nah, Bunda pernah berada di situasi sama kayak Atiqah Hasiholan?

"Waktu itu saya sedang bercinta dan tiba-tiba anak kami masuk. Mereka membuka pintu dan kami terkejut. Kami cuma bilang 'Hei, ada apa? Apa yang kamu butuhkan?'. Ayah dan ibu perlu untuk tidur siang sejenak," kata Atiqah Hasiholan.

Kata Atiqah, saat itu kedua anaknya kelihatan nggak terlalu ngeh dengan apa yang terjadi. Tapi, untuk Aqtiqah dan Rio Dewanto pastinya itu jadi situasi yang awkward dan cukup 'mengerikan'. Nah, bicara soal ketahuan bercinta oleh anak, ini memang bisa saja terjadi, Bun. Terutama kalau anak masih tidur sekamar sama kita.

Maka dari itu, psikolog anak dan remaja dari RaQQi Human Development and Learning Centre, Ratih Zulhaqqi, sebisa mungkin orang tua mengatur aktivitas bercintanya. Kalau memang kamar sudah terpisah sama anak, usahakan kunci kamar ketika kita sedang bercinta. Atau, ketika anak masih tidur sekamar, atur waktu misalnya di malam hari ketika anak tidur dan kalau perlu, lakukan aktivitas itu di kamar lain, Bun.

"Untuk balita, bisa aja mereka belum ngeh apa yang dilakukan orang tuanya. Tapi ketika mereka melihat, itu bisa tersimpan di memori anak. Makanya, kita perlu hati-hati banget tuh. Cari waktu yang pas juga untuk bercinta. Kalau pas anak lagi ada di rumah, siang gitu, ya baiknya sih jangan ya, he-he-he," tutur Ratih waktu ngobrol sama HaiBunda.

Dikutip dari Men's Health, psikolog anak di Minnesota, Hal Pickett bilang kalau sampai anak bertanya apa yang ayah dan bundanya lakukan, kita bisa memberi tahu mereka kalau ayah lagi menggelitiki bunda, melakukan olahraga baru, atau mencari harta karun di sela-sela tubuh. Gimana kalau anak melihat ayah dan bundanya nggak mengenakan pakaian?

"Jika secara visual anak bisa melihat bagian tertentu tubuh atau mereka berpikir mengapa orang tuanya nggak berpakaian, penting untuk memberi info sesuai umur anak. Katakan saja selesai saling menggelitiki, ayah atau bundanya perlu mandi dan itu sebabnya nggak mengenakan pakaian," ujar Pickett.

Kalau anak udah lebih besar, Bun, mereka juga bisa merasa malu lantas langsung pergi ketika memergoki orang tuanya bercinta. Dalam situasi kayak gini, esok harinya Pickett menyarankan ajaklah anak ngobrol dan kasih penjelasan. Misalnya, hubungan seks wajar dilakukan oleh dua orang dewasa yang saling mencintai dan sudah menikah. Di momen seperti ini, orang tua dan anak juga bisa berdiskusi soal seks lho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About


Hai Bundaku adalah portal online yang memberikan tips kehamilan, menyusui, bayi, parenting, motherhood sekaligus tempat Bunda berbagi pengalaman.

Newsletter