Selasa, 31 Oktober 2017

Kondisi Vagina Perempuan Setelah Melahirkan

Efek Vagina Perempuan Setelah Melahirkan
Efek Vagina Perempuan Setelah Melahirkan
Hai Bunda - Perempuan memang diciptakan menjadi seorang ibu dengan tahap yang sungguh luar biasa, mulai dari hamil, melahirkan juga mengurus buah hatinya. Akan tetapi hal tersebut merupakan tanda dimana Kamu menjadi perempuan sejati. Dengan hamil dan juga melahirkan menjadikan kamu sebagi perempuan yang sempurna, bukan?

Akan tetapi, Hamil dan juga melahirkan tentu mengubah hidupmu. Hal tersebut menjadi awal dari berubahnya bentuk fisik Kamu, terutama pada bagian vagina. Padahal vagina merupakan aset yang sangat penting untuk suami Kamu. sedikitnya ada 5 perubahan yang terjadi pada vagina pasca seorang perempuan melahirkan, diantaranya:

1. Miss V Kering

Perubahan ini akan Kamu rasakan pasca setelah Kamu melahirkan. Miss v yang terasa kering tentu menjadi keluhan yang tidak dapat dipisahkan, terutama bagi sebagian besar ibu. Miss v yang kering disebabkan oleh menurunnya hormon estrogen yang diakibatkan fase seorang perempuan sedang menyusui.

Miss V yang kering dipengaruhi oleh hormon saat menyusui. Akan tetapi, hal ini akan terjadi hanya sementara. Jika seorang perempuan sudah selesai menyusui atau mulai menstruasi lagi dengan siklus seperti biasanya, maka hormon estrogen akan kembali normal dan miss akan kembali seperti sediakala.

2. Miss V Lebar

Jangan heran jika setelah melahirkan miss v Kamu menjadi lebar dan juga tidak sempit lagi. Hal ini wajar karena proses melahirkan bukanlah proses yang dianggap sepele. Mengeluarkan bayi dari dalam perut melalui vagina tentu akan mengakibatkan vagina menjadi lebar. Hal ini dikarenakan otot pada area vagina menjadi longgar.

Akan tetapi, miss v akan berangsur-angsur menyempit setelah satu tahun pertama pasca melahirkan, akan tetapi tidak kembali pada awal ketika Kamu gadis. Untuk itu, latihan senam kegel atau lebih sering disebut dengan pengencangan otot vagina saat dianjurkan untuk Kamu lakukan.

3. Pendarahan Miss V

Pasca melahirkan tentunya terjadi pendarahan pada perempuan dianggap hal yang sangat wajar. Pendarahan ini berupa keluarnya cairan vagina yang merupakan kombinasi dari darah, cairan didalam vagina dan juga lendir. Hal ini sering disebut dengan nifas.

Pada fase ini, pendarahan yang terjadi disebabkan oleh darah yang berasal dari rahim setelah proses melahirkan. Ini merupakan fase pembersihan pada miss v dan akan berlangsung selama 40 hari atau sekitar 6 minggu. Untuk itu, perubahan pada vagina akibat pendarahan pasca melahirkan merupakan hal yang normal.

4. Warna Miss V Berubah

Jika warna pada miss v tiba-tiba berubah, hal ini memang disebabkan oleh luka ataupun tarikan jaringan pada area miss v saat melahirkan. Tentunya, Kamu akan melihat perubahan warna pada vulva vagina dan juga labia yanng berubah menjadi kehitaman.

5. Miss v Terasa Lebih Sakit

Banyak sebagian besar perempuan yang mengeluhkan akan rasa sakit ini. Hal ini disebabkan oleh area pada miss v mengalami perobekan pasca melahirkan. Akan tetapi, rasa sakit pada miss v ini akan berlangsung sekitar 1-2 bulan dalam masa penyembuhan. Hal itu tentu merupakan hal yang sangat wajar.

Demikianlah 5 perubahan yang terjadi pada miss v setelah melahirkan. Tentunya, ini bukanlah sesuatu yang harus Kamu takuti, akan tetapi sesuatu yang harus Kamu syukuri.

Perubahan ini merupakan salah satu bukti bahwa Kamu telah menjadi perempuan yang sejati dengan hamil dan juga melahirkan seorang anak. Banyak perempuan di luar sana yang tidak mengalami perubahan pada vagina, namun mereka belum dikarunia keturunan di dalam hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About


Hai Bundaku adalah portal online yang memberikan tips kehamilan, menyusui, bayi, parenting, motherhood sekaligus tempat Bunda berbagi pengalaman.

Newsletter