Minggu, 13 Desember 2020

Indonesia Memasak by Yummy adalah Solusi Masak Tahun 2020 dan 2021

Indonesia Memasak by Yummy App

Hallo manteman~ Siapa nih yang suka masak? Bingung mau nyari resep dimana? Bingung yari resep gak ketemu? Bingung mau masak apa? Cobain deh ikutan acara Indonesia Memasak by Yummy. Sebuah acara online cooking terbesar di Indonesia tahun ini.

Kemaren saya baru nyoba aplikasi kumpulan resep-resep yang rekomended banget nih. Nama aplikasinya “Yummy App”!

Yummy App adalah sebuah aplikasi yang berisikan 400.000 aneka resep masakan dan kue yang mudah digunakan dan cocok untuk pemula. Aplikasi ini sangat-sangat bermanfaat terutama untuk yang hobi memasak, Karna resep yang terdapat di Yummy App bukan hanya masakan sehari-hari saja, tetapi seperti kue dan masakan luar seperti sushi dan pizza pun ada di Yummy App. Sebenarnya Yummy App awalnya berupa web https://www.yummy.co.id/ tapi kini ada mobile aplikasinya buat kalian yang ingin mencari resep tanpa ribet.

Berdasarkan interfacenya, Aplikasi ini memiliki tampilan yang menarik dan nyaman dipandang, desain nya pun sangat simple, pemilihan warna yang matching(?) dan enak dipandang berlama-lama, bentuk icon/tombol yang menarik dan lucu, keterangan/penjelasan yang berupa ajakan, Sehingga dalam berselancar lama di Yummy App sangat nyaman.

Berdasarkan UX dan Usability nya, Aplikasi Yummy App ini sangat mudah di gunakan, dari mulai mencari resep, melakukan obrolan dengan user lain hingga membuat dan mem-publish resep buatan kita sendiri. Bahkan jika pemula memakai aplikasi ini pun akan mudah mengikuti/menggunakannya karna tiap page dan icon pada aplikasi ini selalu disertaan keterangan yang disertai gambar yang mudah dipahami, dan bisa terbilang sangat interaktif.

Dalam segi penggunaan pun Yummy App sangat efisien dan efektif, tidak ada lola ataupun iklan-iklan yang biasanya mengganggu, penyortiran dan pengkategoriannya pun sangat efisien dan sangat membantu. Bahkan banyak komentar positif dari para user tentang aplikasi Yummy App ini yang menunjukan bahwa para user lain pun merasakan kenyamanan yang sama seperti saya saat menggunakan aplikasi Yummy App ini. (Gambarnya ada di akhir review ini).

Saat pertama kali user membuka aplikasi Yummy App, user akan diminta untuk memilih Tampilan Bahasa yang user inginkan saat menggunakan aplikasi Yummy App. Ux Design pada pilihan Tampilan Bahasa ini tidak ada masalah dan tidak membingungkan karna diatasnya sudah ada keterangan “Lihat resep dalam bahasa”, lalu dibawahnya langsung ada tombol Lanjut untuk meneruskan pengaplikasian, maka user manapun akan mudah mengerti.

Nahh.. Setelah klik Lanjut, User akan diminta untuk Mendaftar dengan Email atau Sign In dengan menggunakan akun Facebook atau Google, jika user sudah terdaftar lewat email, user dapat meng-klik tulisan bergaris “Sudah terdaftar lewat email?”. Dan jika user ingin mengubah Tampilan Bahasa, user dapat kembali ke halaman sebelumnya dengan cukup menekan tombol Kembali. Ux Design pada halaman ini sangat simple dan mudah di mengerti, proses Sign In / Pendaftaran pun simple, mudah, dan efisien. Cukup dengan mengisikan username (hanya untuk pendaftaran), email dan password saja lalu aplikasi akan langsung bisa digunakan.

Contohnya seperti gambar disamping. Ini adalah Top Food atau makanan yang sering dicari di Yummy App. (Kenapa daging kambing dan sapi? Karna lebaran idul adha belum lama terlewat saat penulis mencoba mobile aplikasi ini). Dengan adanya option ini, user akan mudah mengetahui makanan apa saja yang sedang banyak diminati.

Pada menu Recook di halaman utama diatas tertera resep-resep yang telah dicoba beserta komentar tentang resep tersebut oleh user lainnya yang sortir berdasarkan waktu. Jadi, saat membuka aplikasi user akan melihat resep-resep terbaru yang ber-testimoni pada halaman utama.

Selanjutnya ada menu “Sekitarku”, dari judul menunya saja user akan paham itu adalah pilihan untuk melihat resep-resep terbaru yang dipublish oleh user lainnya yang ada di sekitar user berdasarkan jangkauan GPS dan disortir berdasarkan waktu. Untuk pindah dari menu Recook ke menu Sekitarku pun mudah sekali, hanya tinggal menggeser dikit ke kiri pada layar smartphone user. Pada saat aplikasi Yummy App digunakan pertama kali, pada menu Sekitarku user akan diberi pilihan untuk mengizinkan server Yummy App mengakses lokasi sekitar user atau tidak diizinkan. Penjelasan perizinan akses pun cukup jelas sehingga user dapat mudah paham. Dan option ini pun tidak mengharuskan user mengaktifkan gps terus menerus, karna pengambilan resep akan dilakukan secara otomatis, sehingga akan menghemat pengoperasian smartphone user.

Masih ingatkah tadi di halaman utama ada menu apa saja??? Yap, salah satunya ada menu yang satu ini. Yaitu menu “Kategori”. Dari judulnya saja sudah jelas kalo ini adalah kumpulan resep-resep yang di kelompokan berdasarkan kategori/jenis masakannya masing-masing. Option ini sangat memudahkan user untuk mencari resep berdasarkan kategorinya, dan pencarian resep berdasarkan kategori ini pun lebih efisien.

Pada pojok kiri atas halaman utama terdapat icon bergambar chat yang jelas menunjukan itu adalah option untuk menu chating. Untuk ke menu chating ada 2 cara yang mudah untuk user, pertama cukup klik icon chat tersebut, yang kedua cukup menggeser penuh ke kanan layar pada halaman utama.

Lalu di atas rada ke kanan halaman utama pun ada icon bergambar bell. Yap ini adalah icon notifikasi/pemberitahuan. Simbol bell ini sangat memudahkan user untuk memahami kalo itu adalah menu pemberitahuan/notifikasi.

Indonesia Memasak by Yummy App, Online Cooking Terbesar di Indonesia

Gimana cara search? Untuk melakukan pencarian resep atau pengguna (user lain) pun sangat mudah dan dapat dilakukan langsung di halaman utama.

Pada halaman utama terdapat kotak pencarian yang sangat jelas dan mudah ditemukan. Kotak pencarian pun dapat dilakukan dengan 2 input, yaitu input text dan audio. Ini jelas mempermudah dan mengefisienkan user dalam melakukan pencarian resep maupun user lainnya.

Pada saat user meng-klik kotak pecarian, akan muncul beberapa daftar seperti Top Food, Daftar pencarian yang pernah dilakukan, serta Daftar 10 Pencarian Teratas (dalam 1 jam terakhir). Beberapa option daftar yang terdapat pada saat meng-klik kotak pencarian ini pun efisien dan sangat memudahkan user untuk melakukan pencarian yang diinginkan, terutama ketika user sedang bingung mau men-search apa.

Seperti yang terdapat di halaman utama pada menu Recook. User pun bisa melakukan hal yang sama dengan mudah. Hanya tinggal memilih resep yang ingin dicoba, lalu pada bagian terbawah resep terdapat option Recook, lalu klik “Bagikan foto Recook” lalu pilih foto hasil masakan berdasarkan resep yang telah user coba, dan tambahkan komentar user untuk hasil resepnya.

Ini dia icon yang lucu banget yang ada di pojok kanan atas halaman utama! Tapi sayang, mungkin ini salah satu kekurangan dalam UX Design aplikasi ini (atau mungkin emang penulis yang lemot), karna pada saat pertama kali mencoba aplikasi Yummy App ini, penulis sempat bingung ini icon apa. Bahkan penulis mengira itu cuma seperti logo atau hiasan yang lucu(?). Hal yang dialami penulis ini juga memungkinkan terjadi pada user lainnya.

Tapi setelah dicoba di klik, ternyata jika di klik iconnya atau di geser penuh ke kiri pada layar, maka user akan masuk ke semacam profil (kalo di media sosial), atau kita sebut aja dengan halaman Dapurku.

Pada halaman Dapurku, Pertama terdapat menu Cookmark yang dari judulnya saja user dapat paham ini adalah menu untuk menyimpan resep-resep yang ingin user simpan. Selain itu juga terdapat tulisan penjelasan di menu ini yang jelas disertai gambar dari tombol yang digunakan untuk menyimpan resep-resep sehingga memudahkan user untuk menggunakannya.

Gambar disamping adalah icon tombol untuk menyimpan resep. Jika resep sudah tersimpan, tombol akan berwarna orange dan jika belum akan berwarna putih. Ini memudahkan user untuk membedakan resep sudah tersimpan atau belum tersimpan. Daftar resep yang sudah tersimpan akan terdapat pada menu Cookmark di halaman Dapurku.

Jika user menyukai suatu resep, user dapat meng-klik icon tombol Love seperti disamping ini. Tombol ini mudah dimengerti user karna menyukai identik dengan Love(?)

Dan jika user ingin bertanya atau membahas soal resep yang dibuat user lain itu, user cukup meng-klik tombol seperti gambar disamping.

Pada bagian atas agak ke kanan di halaman Dapurku(?) terdapat icon seperti gambar disamping ini. Icon ini bergambar diagram batang yang sangat identik dengan statistika sehingga user akan langsung paham kalau ini adalah option untuk melihat perkembangan statistik dari resep-resep yang user publish. 

Tampilan menu statistik sangat simple dan mudah dibaca/dimengerti. Menu ini sangat berguna untuk user karna dengan ini user dapat melihat berapa kali resep buatannya dikunjungi, disukai, disimpimpan, di recook dan diprint.

Jika user ingin membackup foto dengan menggunakan data selular, user cukup mengaktifkan sub-option yang berada dibawah option Backup Foto Masakan, yaitu option Backup dengan data selular. Setelah option itu diaktifkan, maka foto-foto masakan yang pernah user foto akan langsung di sinkronisasikan oleh aplikasi. Foto-foto masakan tersebut di kelompokkan berdasarkan tahun pengambilan foto tersebut, sehingga memudahkan user untuk melihat foto masakan yang ingin dilihat lagi.

Selanjutnya ada juga menu Resep Saya yang juga berada pada halaman Dapurku. Untuk ke menu Resep Saya, user hanya cukup sedikit menggeser ke kiri layar. Menu ini sangat berguna dan bermanfaat bagi user, karna dengan adanya menu ini user dapat membuat berbagai macam resep yang dapat di publikasikan ke user Yummy App lainnya.

Pada saat pertama kali menggunakan Yummy App, menu Resep Saya akan kosong /belum ada resep, dan akan ada keterangan yang mengajak user untuk menulis resep “Simpan cerita dan resep masakanmu” diikuti tombol Tulis Resep dibawahnya, sangat memudahkan user.

Jika user sudah pernah mem-publish resepnya, maka resep-resep yang pernah user upload akan ditampilkan pada menu Resep Saya secara berurut berdasarkan waktu dan tanggal dari yang terbaru. Resep yang ditampilkan pun disertai tanggal peng-uploadan sehingga user tidak kebingungan saat ingin mengetahui kapan user meng-upload resep tersebut.

Ketika user ingin membuat resep, tampilan Tulis Resep ini sangat mudah dipahami, penjelasan/keterangan yang tertera pun sangat jelas dan sangat simple serta nyaman untuk menuliskan resep yang akan user upload tersebut. Menu Tulis Resep ini sangat beguna bagi user Yummy App.

Nahh masih ingatkah tampilan halaman utaman Yummy App? Pada halaman utama terdapat menu Aktivitas. Untuk ke menu Aktivitas, user cukup mudah hanya dengan menggeser sedikit ke kiri layar. Ketika user belum mengikuti satupun user lainnya, maka pada menu Aktifitas akan terdapat keterangan berupa ajakan “Mulai ikuti 5 penulis yuk!” interaksi yang sangat nyaman bagi user Yummy App.

Jika user sudah mengikuti user lainnya, pada meu Aktifitas akan ditampilkan resep-resep dari user lain yang user ikuti. Selain itu, resep-resep yang dibuat oleh user sendiri pun akan ditampilkan di menu Aktifitas. Semua resep-resep disortir berdasarkan waktu terbaru.

Jika user ingin mengikuti atau berteman dengan user lainnya, user cukup meng-klik tombol seperti gambar disamping.

ICON NEW RECIPE

Pada menu Aktivitas terdapat icon seperti gambar disamping, yang berfungsi untuk menulis resep langsung dari menu Aktivitas.

Sayangnya aplikasi ini untuk beberapa fitur mengharuskan user untuk mendaftar sebagai user premiunm untuk dapat mengakses menu Resep Popular saat sedang melakukan pencarian dan Unduh Resep yang sudah disimpan oleh user. Tapi kekurangan ini tidak mempengaruhi kenyamanan dalam menggunakan aplikasi ini.

Sekian review tentang mobile aplikasi Yummy App dan juga acara Indonesia Memasak by Yummy yang penulis jelaskan, mohon maaf jika ada penjelasan yang salah atau ada yang kurang. Terimakasih…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


   

About


Hai Bundaku adalah portal online yang memberikan tips kehamilan, menyusui, bayi, parenting, motherhood sekaligus tempat Bunda berbagi pengalaman.