Kamis, 27 Desember 2018

Tips Siapkan Waktu Bunda Untuk Bersantai


Menjadi seorang ibu tidak ada hari liburnya. Setiap hari, ibu harus siaga memenuhi kebutuhan anak dan keluarga. Namun, bukan berarti ibu harus kelelahan dan lupa dengan dirinya sendiri ya.

Menjadi ibu harus bahagia, salah satunya dengan menyempatkan waktu untuk meliburkan diri dari aktivitas Bunda. Psikolog Saskhya Aulia Prima MPsi dari Tiga Generasi, mengatakan jika seorang ibu butuh memanjakan dirinya sendiri agar tetap happy.


"Semua ibu harus bahagia. Kalau kita bahagia otomatis pola asuh kita lebi optimal. Anak bisa well developed dan tentunya nggak marah-marah ke suami," kata Saskhya di acara BincangShoppe Vol. 10 'Surviving Modern Motherhood', di Tanamera Coffee, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (18 Desember 2018).


Meluangkan waktu untuk meliburkan diri dari aktivitas Bunda nggak susah lho, Bun. Cobalah beberapa hal berikut ini untuk membuat tubuh dan pikiran lebih relaks saat jenuh dengan urusan rumah.

1. Coba luangkan waktu

Namanya meliburkan diri dari aktivitas Bunda, Bunda perlu meluangkan waktu sejenak saja. Kata Saskhya meluangkan waktu 5 sampai 15 menit, cukup membuat seorang ibu bisa bernapas dengan lega.

"Setiap orang beda-beda, ada yang hanya menarik dan menghela napas dalam-dalam selama lima menit sudah happy. Ada juga yang lihat lampu warna-warni sudah happy," tutur Saskhya.

2. Cobalah mencari aktivitas yang paling baik

"Sebagai ibu, kita harus tahu dan memilih aktivitas meliburkan diri dari aktivitas Bunda yang paling baik. Kita harus menyesuaikan ekspektasi, kita tahu cara merumuskan meliburkan diri dari aktivitas Bunda sendiri," lanjut Saskhya.

Saskhya mengaku suka membaca jurnal, dari situ ia akan menemukan solusi dari masalah yang dihadapi. Saskhya bilang, Bunda juga bisa memilih kegiatan menyenangkan lainnya, misal hobi melukis, menyulam atau jalan-jalan.

3. Jangan malu cari bantuan

Terkadang ibu ingin melihat anaknya tumbuh dengan asuhannya sendiri. Tak ingin ada campur tangan selain dirinya dan keluarga. Hal tersebut bisa saja membebani pikiran.

"Kesannya kalau menjadi ibu harus serba bisa. Akhirnya, ibu tak punya meliburkan diri dari aktivitas Bunda. Padahal nggak semua ibu ada yang bisa handle sendiri, ada juga yang nggak. Menurut saya sah-sah aja kalau pakai pengasuh," kata Saskhya.

4. Jangan sampai tidak mengingatkan diri sendiri untuk liburan

Kalau suami sudah mengingat untuk meliburkan diri dari aktivitas Bunda, agar Bunda bisa tetap 'waras' segera lakukan ya, Bun. Hal sepele seperti ini, dapat mempengaruhi kebahagian diri dan keluarga.

"Jangan lupa untuk meliburkan diri dari aktivitas Bunda, seperti yang saya bilang tadi cukup lima sampai 15 menit saja. Lakukan aktivitas yang membuat hati senang," tutup Saskhya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


   

About


Hai Bundaku adalah portal online yang memberikan tips kehamilan, menyusui, bayi, parenting, motherhood sekaligus tempat Bunda berbagi pengalaman.

Newsletter